Tugas Pengantar Teknologi Informasi 2

Sejarah Internet

Perkembangan dunia internet terjadi begitu pesat dari waktu ke waktu. Sekarang internet dapat diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun kita berada. Internet sendiri adalah singkatan dari Interconnected Network. Kata internet berasal dari kata inter-network yang memiliki arti rangkaian komputer yang menghubungkan beberapa rangkaian. Secara umum internet merupakan sistem komputer yang berhubung secara global, menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).

Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika Serikat membentuk jaringan komputer, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Pada awalnya pihak militer Amerika Serikat menggunakan jaringan komputer untuk kebutuhan pengembangan senjata nuklir. Demi menghindari terjadinya sebuah seranganan yang dapat lumpuhnya komunikasi sehingga teknologi jaringan komputer perlu untuk dikembangkan. Lama kelamaan teknologi jaringan komputer pun dianggap dapat meningkatkan dunia pendidikan sehingga perlu juga dikembangkan untuk keperluan pendidikan. Lembaga bernama Advanced Research Project Agency (ARPAnet) memulai tahap awal dengan menghubungkan 4 komputer di Stanford Research Institute (SRI), University California of Los Angeles (UCLA), University Utah Charley Kline dan University California Santa Barbara (UCSB). Hal tersebut berguna untuk memudahkan para peneliti di berbagai daerah untuk saling memberikan informasi dan mengupdate temuan mereka.

Tak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung. Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Komersialisasi dan privatisasi Internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dengan di ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet mulai booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan e-mail, diskusi bebas di forum, dan Web.

Pada Awal 1980-an komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia. Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung. Layanan BITNET (Because It’s Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail,mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP). CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University,University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanane-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.

Pada Awal 1982 Istilah “Internet” pertama kali digunakan, dan TCP/IPdiadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut. Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.

Pada tahun 1986 Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

Pada tahun 1988, Jarko Oikarinen yang berasal dari Finlandia telah menemukan dan memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak menjadi 10 kali lipat dalam setahun. Ini sangat fantastis, tak kurang dari 100.000 komputer di dunia telah terhubung kedalam sebuah jaringan.

Ini merupakan tahun bersejarah yakni tahun 1990 dimana Tim Berners Lee telah menemukan sebuah program editor dan browser yang bisa memudahkan pengguna untuk menjelajah antara satu komputer dengan komputer lain yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www atau World Wide Web.

Pada tahun 1992, komputer saling tersambung untuk membentuk sebuah jaringan dan sudah melampaui satu juta komputer. Di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Kemudian pahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3.000 alamat dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah dimana di tahun yang sama Yahoo! didirikan yang juga muncul kelahiran bagi Netscape Navigator 1.0. Hingga kemudian pada tahun 1995, World Wide Web telah mampu menggantikan fungsi FTP unuk sebagian besar lalu lintas data di internet.

Selebihnya pada tahun-tahun berikutnya pengembangan jaringan komputer terus meluas, yang tadinya hanya untuk kelangan tertentu sekarang sudah menjadi untuk semua kalangan. Media transmisinya pun berkembang, kita bisa menggunakan modem untuk mendapatkan koneksi . Tampilan situs-situs internet pun lebih enak dilihat dan berbagai macam fitur yang memudahkan kita untuk melakukan transaksi pun semakin berkembang.

 

Berbagai Koneksi Internet Broadband

Broadband berarti jangkauan frekuensi yang luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Istilah, broadband mengacu pada koneksi bandwidth  internet. Istilah bandwidth umumnya digunakan untuk merujuk pada kecepatan transfer data, dalam hal jaringan komputer dan koneksi internet.  transfer data biasanya diukur dalam bit per detik (bps). Dalam koneksi internet broadband, kecepatan transfer sangat tinggi dibandingkan dengan koneksi dial-up internet. Ada berbagai jenis koneksi internet broadband, tergantung pada kecepatan, biaya dan ketersediaan.

Beberapa jenis koneksi internet broadband :

  • ADSL adalah koneksi broadband yang paling umum digunakan. Hal ini banyak digunakan untuk keperluanrumahan dan komersial. ADSL merupakan saluran digital yang dapat digunakan untuk mengakses internet tanpa mengganggu saluran telepon. ADSL bekerja pada kecepatan 512 kbps keatas.
  • SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line) mirip dengan ADSL, hanya berbeda dalam satu aspek, yaitu kecepatan upload. koneksi internet  broadband  SDSL  ditandai dengan kecepatan upload  dan  download identik. Hal ini bermanfaat untuk tujuan komersial dan bisnis jika memerlukan kecepatan upload yang tinggi, dan koneksi SDSL memenuhi persyaratan untuk itu.
  • Wireless Broadband Internet Connection : Koneksi internet nirkabel adalah koneksi yang kita butuhkan sekarang ini  laptop dan ponsel, semua memiliki koneksi internet nirkabel. Kecepatan proses download yang disediakan oleh jenis teknologi akses Internet broadband berkisar dari 128 kbps sampai 2 Mbps. Teknologi ini berkembang karena meningkatnya penggunaan perangkat nirkabel seperti ponsel dan laptop.
  • Cable Broadband Internet Connection : Internet dapat diakses melalui sambungan TV kabel. TV kabel digunakan oleh hampir semua orang dan sekarang koneksi internet juga dibuat tersedia bersama-sama dengan saluran TV kabel. Kabel koneksi internet broadband menyediakan kecepatan mulai dari 2 Mbps hingga 8 Mbps. Sambungan secara luas digunakan di wilayah pemukiman. Hal ini lebih populer dibandingkan dengan koneksi internet ADSL, meskipun kecepatan download dan upload dari kedua jenis sambungan internet broadband yang sama.
  • Satellite Broadband Internet Connection : Semua bentuk koneksi internet broadband yang dijelaskan di atas memiliki keterbatasan daerah, yaitu daerah yang yang  kemungkinan menghalangi pancaran sinyal dari  menara seperti pada daerah perkotaan atau pegunungan. Satelit koneksi internet broadband adalah solusi untuk masalah ini. Dalam jenis koneksi internet, yang geostasioner satelit menyediakan akses internet. Memerlukan parabola dan perangkat keras pendukung lainnya yang diperlukan untuk menerima sinyal. Kecepatan yang ditawarkan oleh koneksi internet satelit adalah 2 Mbps untuk download dan 1 Mbps untuk upload. Kecepatan ini lebih sedikit dibandingkan dengan jenis koneksi internet broadband dan cuaca mempengaruhi sinyal untuk sebagian besar.
  • Fiber Optic Broadband Internet Connection : Teknologi serat optik adalah teknologi yang relatif baru yang mengubah sinyal listrik ke sinyal cahaya. Sinyal ini ditransfer melalui kabel fiber optik. Ini adalah bentuk yang dapat diandalkan koneksi internet, tetapi dapat biaya perumahan penghalang bagi konsumen. Hari ini, berbagai bentuk Internet broadband menyediakan cakupan dan mobilitas terbatas pilihan. Teknologi ini berkembang dengan cepat untuk memenuhi persyaratan kecepatan

Tujuan dari sebuah alamat ip dan hubungannya dengan nama domain

Internet Protocol (IP) address adalah alamat numerik yang ditetapkan untuk berkomunikasi antara node-nya.
Internet Protocol juga memiliki tugas routing paket data serta menentukan lokasi dari node sumber dan node tujuan dalam topologi dari sistem routing. Untuk tujuan ini, beberapa bit pada alamat IP yang digunakan untuk menunjuk sebuah subnetwork.
IP Addrees (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit hingga 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit untuk IPv4, dan 128-bit untuk IPv6 yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet.

Jadi IP address digunakan sebagai alamat numerik suatu domain dalam internet. Domain dan sub-domain ini memiliki ip address yang unik untuk masing-masing tujuan dalam website. Dalam pemetaan domain, alamat-alamat ini tidak diperbolehkan bernilai sama.

 

Fitur dari browser dan identifikasi komponen dari alamat web

Browser saat ini sudah jauh lebih berkembang dari generasi-generasi sebelumnya. Terdapat banyak sekali jenis-jenis browser yang tersedia sekarang mulai dari yang open source hingga yang berbayar. Browser terbaru saat ini telah meng-implementasikan berbegai variasi fitur yang canggih dan sangat berfungsi untuk mendukung tampilan website sekarang dan berikut beberapa contohnya :

  • Drag and Drop untuk meng-upload : Banyak website sekarang ini yang memudahkan anda untuk meng-upload file atau foto hanya dengan drag n drop, atau menggeser dan menjatuhkan file ke dalam browser window, ini merupakan sebuah fitur yang sangat membantu dan mempercepat proses sharing.
  • Menjalankan aplikasi web secara offline : Browser kini dapat menjalankan aplikasi web secara offline, dimana browser menyediakan penyimpanan database secara lokal, sehingga anda aplikasi tersebut tetap dapat mengakses data anda. Sudah cukup banyak aplikasi web yang dimiliki oleh Google termasuk GMail, Docs, dan Calendar yang dapat diakses secara offline
  • Render 3D Graphic pada browser : Browser seperti Chrome dan Firefox kini telah support WebGL, yang memungkinkan halaman website untuk me-render 3D grafik tanpa memerlukan plugin apapun. WebGL biasanya digunakan untuk bermain game, dan 3D model, namun contoh website 3D grafik yang paling populer adalah Google Maps.
  • Menampilkan Pop-up Notifikasi : Kini browser telah menyediakan fitur desktop pop-up notifikasi untuk para website yang membutuhkannya. Contohnya, Google Calendar dapat menampilkan notifikasi pop-up pada layar ketika anda sudah menyimpan alarm pengingat event sebelumnya.
  • Memainkan Video dan Musik tanpa Flash : HTML 5 sudah cukup banyak menarik perhatian, Sudah banyak orang yang tahu bahwa sekarang ini kita bisa menjalankan video dalam format H.264 (MP4), WebM, dan Ogg Theora tanpa perlu menginstall software Flash. Banyak website viideo termasuk Youtube, menawarkan pemutar video berbasis HTML5.
  • Mengidentifikasi lokasi anda : Beberapa website sekarang ini bisa meminta ijin anda untuk dapat mengakses lokasi dimana anda berada. Jika anda menggunakan sebuah teblet ataupun perangkat lain yang memiliki GPS chip, browser akan menggunakan GPS hardware tersebut untuk mengidentifikasi lokasi anda.
  • Komunikasi dengan WebSocket : Fungsi dari WebSocket adalah mengijinkan sebuah halaman web untuk berkomunikasi secara dua arah dengan web server melalui TCP connection, sehingga dapat mengurangi latency dan traffic network ketika sebuah halaman web ingin bertukar data dengan server.
  • Menjadikan web aplikasi sebagai aplikasi default : Browser kini mengijinkan anda untuk memilik aplikasi website sebagai aplikasi default, misalnya pada aplikasi Gmail di browser, anda bisa menjadikannya sebagai aplikasi default pengirim email, ketika anda menemukan alamat email di komputer anda, anda bisa langsung mengklik alamat itu untuk mengirim email, bahkan dari alamat email yang anda dapatkan di luar browser sekalipun.
  • Menjalankan native code pada browser : Browser Chrome memnyertakan Googles’s Native Client, yang mengijinkan halaman web untuk menjalankan native code dalam bahasa seperti C atau C++. Native Client ini digunakan agar halaman website dapat memiliki performa tinggi saat menjalankan engine game atau local video encoding.
  • Mengakses webcam dan video conference : Sebuah halaman website kini dapat mengakses webcam anda, tentunya dengan seijin anda. Sebuah website dapat menggunakan fitur ini untuk mengambil foto menggunakan webcam anda, saat anda ingin merekam video atau mengambil gambar diri.

Komponen dari alamat web

URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator atau yang biasa disebut alamat web. Dengan URL, kita dapat mengetahui alamat atau direktori dari suatu situs yang kita kunjungi tersebut. Berikut beberapa komponen dari URL atau alamat web :

  • Protokol : Protokol dalam suatu URL biasanya disingkat dengan nama http:// (Hypertext Tranfer Protocol) yang berfungsi untuk memudahkan pembaca agar dapat langsung klik URL tersebut tanpa harus copy paste ke address bar browser.
  • World Wide Web : Bagian ini dapat dipakai atau tidaknya tergantung pada URL yang dimiliki.
  • Domain : suatu kata yang menunjukkan suatu alamat atau nama situs seperti .com .net .info dll.
  • Directory : suatu kategori ataupun label dalam sebuah website yang berada disamping domain.
  • Sub-domain : ditulis sebelum domain induk dan dipisahkan oleh titik seperti science.example.com

Cara pencarian yang efektif di web

Meskipun sebenarnya ada banyak jenis search engine yang tersedia di internet seperti Bing, Yahoo, ask, AoL, Baidu, Wolframalpha, DuckDuckGo, namun Google menjadi search engine dengan pengguna aktif terbanyak yang ada. Meski mencari informasi dari Google memang sangat mudah cukup dengan mengetikkan beberapa kata kunci yang ingin dicari, namun nyatanya masih banyak orang yang belum dapat memaksimalkannya dalam mencari informasi yang diinginkan.

Berikut beberapa tips pencarian efektif di website :

  • Gunakan Kata yang Spesifik : jangan gunakan kata-kata yang terlalu umum karena web akan menampilkan begitu banyak pilihan secara umum jika keyword tidak spesifik.
  • Gunakan Kata yang Bervariasi : mencari dengan kata kunci yang lebih bervariasi tentu merupakan langkah yang patut untuk dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Gunakan Kalimat Tanya : menggunakan kalimat tanya juga dapat digunakan sebagai alternatif . Hasilnya akan langsung ditampilkan berbagai jawaban yang terkait dengan pertanyaan.
  • Gunakan “Tanda Kutip” : dengan cara seperti ini, Google akan menghapus hasil pencarian yang tidak berkaitan dengan topik yang dicari.
  • Gunakan Tanda Plus(+) : untuk menanbahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi.
  • Gunakan Tanda minus(-) : untuk mempersempit hasil pencarian dan menghilangkan hasil pencarian yang tidak perlu seperti situs penjualan atau bookmarking.

Manfaat dan resiko menggunakan jejaring sosial

Tiada hari yang terlewatkan tanpa mengecek jejaring sosial entah itu facebook, twitter, instagram, line sebagai produk-produk teknologi yang kini sedang digemari banyak kalangan termasuk anak-anak dan remaja. Dengan layanan ini kita dapat berkomunikasi dengan teman lama, memperluas jaringan pertemanan, ataupun sekedar mengetahui keadaan atau status teman atau kerabat. Tentunya hal tersebut dapat menimbulkan sisi positif maupun negatifnya. Berikut beberapa manfaat dan resiko menggunakan jejaring sosial.

Dampak positif jejaring sosial :

  • Anak dan remaja dapat belajar mengembangkan ketrampilan teknis dan sosial yang sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar beradaptasi, bersosialisasi dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.
  • Memperluas jaringan pertemanan. Berkat situs jejaring sosial ini anak menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia.
  • Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.
  • Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian dan empati. seperti memberikan perhatian saat ada teman mereka berulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.

Dampak negatif jejaring sosial :

  • Malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasapun menjadi terganggu ika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya.
  • Egosentris meningkat. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet.
  • Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di situs jejaring sosial. Hal ini membuat mereka semakin sulit untuk membedakan antara berkomunikasi di situs jejaring sosial dan di dunia nyata.
  • Situs jejaring sosial menjadi kesempatan untuk melakukan kejahatan.

Daftar Pustaka

affdu. 2017. Bagian dari URL: Memahami Struktur Alamat Web. Accessed Agustus 24, 2017. http://id.affdu.com/understanding-the-components-and-structure-of-a-url.html

Didno76. 2011. Dampak Positif dan Negatif Jejaring Sosial Bagi Anak dan Remaja. Oktober 13. Accessed Agustus 24, 2017. http://www.didno76.com/2011/10/dampak-positif-dan-negatif-jejaring.html

Dosenit. 2016. Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Dalam Kehidupan Sehari-hari. Februari 15. Accessed Agustus 24, 2017. http://dosenit.com/jaringan-komputer/internet/dampak-positif-dan-negatif-sosial-media

Fikri, Zul. 2013. fitur yang jarang diketahui pada Web Browser. April 19. Accessed Agustus 24, 2017. http://www.pemmzchannel.com/2013/04/09/10-fitur-yang-jarang-diketahui-pada-web-browser/

Gusty , Tina. 2016. Mengenal Jenis – Jenis Koneksi Internet Broadband . November 11. Accessed Agustus 24, 2017. http://www.sistem-internet.com/2016/11/mengenal-jenis-jenis-koneksi-internet.html

Juju, Dominikus & MataMaya Studio. 2008. Teknik Mempercepat Koneksi. Jakarta : PT Elex Media Komputindo. Accessed 24, Agustus 2017

Niko. 2015. Pengertian dan Penjelasan Tentang DNS Server Lengkap. Accessed Agustus 24, 2017. http://www.pintarkomputer.com/pengertian-dan-penjelasan-tentang-dns-server-lengkap/

Plimbi. 2012. Cara Mencari Informasi di Internet dengan Memaksimalkan Google Search. Desember 17. Accessed Agustus 24, 2017. http://www.plimbi.com/article/12751/cara-mencari-informasi-di-internet

Setiawan, Agus. 2015. Tips & Trik Pencarian di Google yang Efektif & Efisien. Oktober 7. Accessed Agustus 24, 2017. http://www.transiskom.com/2015/07/tips-trik-pencarian-di-google-yang.html

siswapedia. 2014. Sejarah Internet dan Perkembangannya di Dunia. Januari 12. Accessed Agustus 24, 2017. https://www.siswapedia.com/sejarah-internet-dan-perkembangannya-di-dunia/

1 thought on “Tugas Pengantar Teknologi Informasi 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.